Wednesday, June 03, 2009

The Truth


As all of you may already know, saya nulis sebuah kutipan di personal message MSN beberapa hari yang lalu *apa kemaren ya?* yaitu 

"Believe those who are seeking the truths; doubt those who found it."

Sebenernya kutipan ini uda agak lama ketemunya.. Bahkan uda pernah dimuat di K5ATRIA edisi Febuari kalo ga salah.. Anyway, kemaren salah satu temen MSN yaitu Rayner, nyapa dan nanya kenapa kita harus meragukan orang-orang yang sudah menemukan kebenaran. Hmm. Awalnya saya masukin ini di K5ATRIA karena takjub ama kata-katanya. Keren gthu. Baru setelah Rayner nanya, otak berjalan mencari jawaban. Jawaban untuk setiap orang pasti berbeda. Penafsiran orang terhadap segala sesuatu juga berbeda. Saya juga yakin kalo penafsiran tiap orang dalam hal ini pasti berbeda-beda juga. Nah, kalo buat saya sendiri, arti dari kutipan itu adalah sebagai berikut.

"Truths are relative. Take one that works."

Saya pernah accidentaly mendengar kata-kata itu keluar dari mulut James Woods yang berperan sebagai Sebastian Stark di serial Shark. Dipikir-pikir, bener juga kata-katanya. Kebenaran untuk setiap orang itu relatif. Tergantung dengan orang itu sendiri. Untuk lebih mudah memahami isi otak saya, contohnya adalah post ini sendiri. Menurut saya, postingan ini adalah kebenaran. Tapi menurut orang lain belum tentu kan? Contoh yang praktis, bukan? Hehe. Jadi maksud dari kutipan yang dibuat oleh Andre Gide, seorang novelis, kritikus, dan essayist Perancis itu-sekali lagi menurut saya-adalah kita tidak bisa memercayai orang-orang yang SUDAH menemukan kebenaran. Kebenaran itu relatif, yang benar saat ini belum tentu benar di masa depan. Kita lihat lagi contoh teori yang dibuat oleh Claudius Ptolemy, yaitu Teori Geosentris. Dulu orang menganggap Bumi kita ini adalah pusat tata surya kita. Semua planet lain, bahkan bintang seperti matahari pun, mengelilingi Bumi. Lalu muncullah Aristotle dan Nicolaus Copernicus yang akhirnya menemukan 'kebenaran' bahwa pusat tata surya kita sebenarnya adalah matahari dalam teorinya yang disebut Teori Heliosentris.
Tidak seperti orang yang MERASA SUDAH menemukan kebenaran, orang yang MENCARI kebenaran, akan terus mencari. Terbukti dari Teori Heliosentris yang dianggap menghujat gereja pada zaman dulu.

See? It's not so hard to comprehend, right? But be aware. You can't always trust me, you know. Because I'm one of those people who has found the TRUTH.

No comments: